Salah satu hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih mouse bukanlah hanya Sensornya saja nih. Melainkan Switch yang ada di dalam komponen mouse tersebut. Karena switchnya menentukan seberapa lama awet mouse tersebut.

Pada sesi kali ini, kami akan membahas Jenis-Jenis Switch pada Mouse Gaming
Switch adalah sebuah komponen kecil mekanikal dan elektrikal. Dan switch biasanya diganti untuk memperbaiki switch sebelumnya yang rusak (atau biasanya double click).
Setiap switch memiliki perbedaan, kamu harus mengetahui perbedaan tersebut sebelum membeli gaming mouse yang kamu inginkan.

Sama seperti keyboard, mouse memiliki 2 tipe yaitu mechanical dan optical. Rata-rata gaming mouse bertipe Optical. Meskipun Mechanical dan Optical berbeda, switch yang digunakan pada mouse tersebut tetap sama dan bisa di replace (ganti baru) tetapi hanya cara melepasnya saja yang berbeda.

Mechanical Mouse bisa mengganti switch mouse dengan cara langsung di cabut (seperti switch hotswappable pada keyboard) dan kalau Optical Mouse bisa mengganti switch mouse dengan cara solder.

Berikut ini merupakan Brand-Brand Switch Mouse:

1. Kailh GM

Image from : Mouse Club


Ga cuma switch keyboard, Kailh juga punya switch mouse ! Dan ga cuma 1 jenis, tapi ada beberapa yaitu 4.0 Reds, 2.0 Teals, 8.0, dan Silent Switch.
Untuk tenaga yang dibutuhkan saat klik, lebih berat Kailh dibandingkan dengan Omron. Untuk urutan lifespan tertinggi ada di Kailh GM 8.0, Kailh GM 4.0 Reds, dan terakhir Kailh GM 2.0 Teals.

Image from : Mouse Club

2. Omron

Image from : Mouse Club

Brand switch ini paling sering ditemukan di gaming mouse nih guys dan paling gampang dicari karena banyak tersedia di online store. Omron switch ada 2 tipe : D2FC-F-7N dan D2F-01F. Di antara kedua tipe tersebut, lebih sering menemukan tipe Omron D2FC-F-7N yang lifespannya bisa sampai 20 juta klik. Tetapi untuk tenaga yang dibutuhkan saat klik mousenya, lebih ringan yang tipe Omron D2F-01F.
Selain itu, Omron Switch ada di beberapa tipe Gaming Mouse Sades seperti Revolver, Scythe, Lance, dan Myth.

Image from : Mouse Club

3. Huano
Switch yang agak berat nih yaitu Huano Switch. Dibandingkan dengan switch-switch lainnya, Huano ini paling berat. Huano switch ini hanya mempunyai tipe Blue Shell White Dot.

Image from : Mouse Club

4. TTC
Switch ini familiar dengan switch Omron karena daya tenaga yang dibutuhkan sama, tetapi ada perbedaan lebih sedikit berat. TTC ini memiliki 3 varian lifespan yaitu : 20M, 60M, dan 80M. Semakin lama lifespannya, semakin mahal juga harga switchnya ya guys. TTC ini juga memiliki Optical Switch yang memiliki lifespan sampai 80 juta klik.

Image from : Mouse Club

Yapp itu dia brand-brand switch mouse gaming !
Kalau Gaming Mousemu rusak atau double click, kalian bisa beli switchnya dan replace dengan switch yang baru. Dan mungkin setelah membaca ini, kalian sudah paham dan tau jenis switch apa nih yang kalian inginkan.

Kalau kalian cari Gaming Mouse yang Optical Switch, ada Sades Revolver, Scythe, Myth, dan Lance yang sudah dilengkapi dengan Omron Optical Switch yang lifespan-nya bisa sampai 20 juta klik.

Sades Axe
Sades Revolver
Sades Scythe
Sades Myth
Sades Lance

Kalau kalian mau liat spesifikasi lebih lengkapnya, cukup klik nama-nama gaming mouse di atas karena akan langsung ke-direct link. Dan kalau mau langsung cek harga atau stoknya bisa cek di Sades Official Store Tokopedia | Shopee | Lazada | Bukalapak

(Jane)

Newsletter Signup

Ketikkan Email Anda dibawah ini untuk mendapatkan informasi terupdate produk kami

The information will never be shared for third party