Banyak banget nih dari kalian yang udah ngeliat Review Keyboard Sades Groza pasti penasaran tentang Optical Switch

Karena banyak banget yang penasaran nih, akan kita rampungkan informasi seputar Optical Switch ini. Judul artikel kita kali ini adalah “Perbedaan Optical Switch dengan Mechanical Switch”

Pertama-tama, kita akan bahas Optical Switch terlebih dahulu.
Apa sih Optical Switch itu ??
Sebenarnya Optical Switch itu masih memiliki komponen yang sama dengan Mechanical Switch, sama seperti Mechanical Switch yang standar dimana mereka itu punya “Physical Moving Parts“. Nah karakteristik Physical Movingnya si Optical Switch ini sama seperti “linear action” (Red Switch), tactile (Brown Switch), dan clicky (Blue Switch).

Optical Switch ini sebenarnya sangat disarankan digunakan untuk gaming, dan Mechanical Switch disarankan untuk penggunaan general/umum.


Karena respon dari Optical Switch ini aktuasinya lebih cepat dibandingkan dengan Mechanical Switch. Udah gitu Optical Switch ini memiliki lifespan lebih tinggi dibandingkan mechanical switch (Lifespan Optical Switch sampai 100 juta, tetapi Lifespan Mechanical Switch 50 – 100 juta (tergantung brand switchnya)). Buat kalian yang suka suara keyboard berisik, Optical Switch ini harus dijadikan salah satu pilihan kalian, karena lebih berisik dibandingkan dengan Mechanical Switch (maupun itu Blue Switch).

Tadi kita udah bahas beberapa keunggulannya, nah ada beberapa kekurangannya nih.
Bagi beberapa orang, menggunakan Mechanical Switch lebih nyaman dibandingkan dengan Optical Switch (beda feel). Mungkin untuk hal yang satu ini tergantung selera pribadi masing-masing ya guys.

Kemudian model switch yang ditawarkan Mechanical Switch itu lebih banyak rupanya, udah kayak pelangi aja kan ada merah, hijau, biru, kuning, pink, orange, hitam, dan masih banyak lagi. Kalau si Optical Switch ini ya tidak memiliki varian guys, tetapi keunggulannya switch ini bisa merasakan feel Red, Brown, dan Blue Switch di satu jenis switch. Nah minus terakhir, mungkin tidak merugikan bagi orang-orang yang tidak memiliki hobi untuk custom/mod keyboard, karena keyboard optical switch itu hanya memiliki beberapa opsi saja, tidak leluasa seperti custom/mod mechanical switch keyboard.

Nah mungkin dari sini kalian bisa mempertimbangkan sebaiknya lebih pilih Optical Switch atau Mechanical Switch.
Solusinya nih, kalau kalian pilih Optical Switch, di Sades Indonesia ada keyboard Sades Groza ya guys! Dengan fitur Full Waterproof Technology dan terdapat Driver untuk mengatur Macro dan RGB Modenya. Lalu, kalau kalian maunya Mechanical Switch, kita ada beberapa tipe nih !
Sickle : Kailh Red/Blue Switch
Phoenix : Kailh Red/Brown Switch
Dragonwolf : Cherry MX Blue Switch (with White LED Light)
Thyrsus : Kailh Blue Switch 
Shield : Kailh Blue Switch (with Keyboard Cover)
K10 : Sades Blue Switch (3 Variant Colors)

Kalau kalian mau liat spesifikasi lebih lengkapnya, cukup klik nama-nama keyboard di atas karena akan langsung ke-direct link. Dan kalau mau langsung cek harga atau stoknya bisa cek di Sades Official Store Tokopedia | Shopee | Lazada | Bukalapak

(Jane)

Newsletter Signup

Ketikkan Email Anda dibawah ini untuk mendapatkan informasi terupdate produk kami

The information will never be shared for third party